Penyebab Lag Dan Cara Mengatasi Game Android Online Yang Lag


Menyebalkan rasanya jika sedang asiknya memainkan sebuah game online android namun tiba tiba terasa lag / berat yang membuat gerakan dari gamenya menjadi patah patah dan tidak lancar dan akhirnya pun kita mengalami kekalahan.
Karena masalah inilah saya meberikan info tentang penyebab lag dan sebuah cara sederhana "mengatasi lag / berat pada game online android" untuk membantu kalian.

Informasi: Untuk "cara mengatasi lag pada game online android" ini hanya sedikit informasi dan mungkin tidak terlalu membantu kalian. Semua info yang di berikan hanya berdasarkan pengalaman dan pendapat peibadi.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Lag Game Online Android

Masalah jaringan/koneksi internet tidak stabil.
hal ini yang kadang membuat game online android tiba-tiba terasa lag, patah patah, atau berat karena koneksi internet menjadi lambat, macet atau tidak setabil, dan ini sebenarnya sering terjadi di kalangan pengguna smartphone android di indonesia namun sayangnya masih banyak orang beranggapan kalau penyebabnya karena game yang dimainkan masih banyak bug atua eror.
Masalah ini kadang tidak membuat atau hanya membuat sementara game online menjadi tidak lancar/patah patah jadi tidak perlu dikuatirkan.

Cara Mengatasi Lag.
Masalah ini sangat amat gampang untuk di atasi, cuma perlu menunggu hingga jaringan kembali setabil atau dengan mematikan jaringan internet lalu di hidupkan lagi, jika masih terasa coba dengan cara aktifkan "mode pesawat" senenit lalu di nonaktifkan lagi.
Cara ini sering saya gunakan dan cukup efektif namun terkadang tidak efektif jika memang jaringnya terggangu dari sananya (perlu di ingat ini khusus game online).

Tambahan, gunakan aplikasi yang berfungsi untuk cek/melihat kecepatan internet agar mengetahui masalah terjadi karena internet yang lambat atau bukan.

Ram Penuh Dan Kapasitas Ram Kecil.

Ini adalah salah satu penyebab yang membuat terjadinya lag pada game online android yang kita mainkan, lag biasanya terjadi karena banyaknya apps yang berjalan di latar belakang dan mengkomsumsi ram tanpa kita sadari, dan akhirnya akan mempengaruhi game online android yang dimainkan karena sisa dari ram jadi lebih sedikit untuk di gunakan. (Ini hanya terjadi jika smartphone android memiliki kapasitas ram yang kecil)

Bukan cuma itu saja ukuran besarnya dari ram juga berpengaruh untuk bermain game lebih lancar, misanya saja ram pada hp android kita sebesar 1gb lalu coba memainkan game online android, misal "pubg mobile" maka hasilnya sudah pasti akan lag karena untuk memainkan "pubg mobile" sendiri membutuhkan ram dengan minimal sebesar 2gb, walaupun spesifikasi lainnya dari hp android sudah termasuk standar namun jika ram hanya 1gb sudah dipastikan akan mengalami lag walau bisa membuka gamenya.

Cara Mengatasi Lag.
Caranya cukup sederhana hanya perlu hapus/uninstal aplikasi yang di rasa tidak perlu dan paling banyak mengkomsumsi ram, seperti apps sosial media, browser, atau yang lainnya agar ram yang tersedia lebih besar. (Cara ini hanya sedikit membantu dan tidak punya pengaruh yang terlalu besar).

Pengaturan grafis game online terlalu tinggi.
Dengan meningkatkan pengaturan grafis ke high/tinggi tentu akan membuat tampilan grafis dari game online android menjadi lebih nyaman untuk di lihat dan menjadi lebih bagus dari sebelumnya, tapi juga akan membuatnya lebih berat karena membutuhkan proses yang lebih besar untuk menjalakannya.
Game yang dimainkanpun akan jadi lag/patah patah/berat jika spesifikaasi dari hp android kamu di bawah setandar untuk menjalankan game onlinenya pada settingan high/tinggi.

Cara Mengatasi Lag.
Ubahlah pengaturan grafis dari game online android ke medium/sedang dan jika masih terasa berat ubah lagi ke low/rendah dan kalau masih sedikit terasa berat matikan pengaturan yang berhubungan dengan efek di dalam game, misal pengaturan untuk menampilkan bayangan, atau meningkatkan efek dari skill, atau membuat karakter terlihat lebih detail, dan pengaturan sejenisnnya, matikan saja pengaturan yang di rasa tidak perlu yang membuat terasa berat.


Spesifikasi smartphone Android di bawah setandar.

Hal ini sudah pasti jika hp android kalian memiliki spek misalnya ram 1gb, quad core 1.3ghz, gpu mali400 mp2, maka jangan terlalu berharap untuk memainkan game berat misalnya seperti "pubg mobile" yang minimalnya saja butuh spek dengan ram 2gb, snapdragon 435, karena mau di bagaimanapun tetap tidak akan bisa lancar menjalankannya, jadi sebaiknya bermain game online sesuai dengan kemampuan dari hp android kalian saja karena kalau di paksakan tidak baik juga untuk android kalian.

Cara Mengatasi Lag.
Untuk yang satu ini hanya bisa berhasil jika spek hp kamu beda tipis atau sama dengan syarat minimal untuk menjalankan game online tersebut.
Caranya pakai apps tambahan untuk menjalankan gamenya agar sedikit lebih lancar, silakan cari sendiri caranya karena saya tidak sarankan memakai cara ini karena ada resikonya, namun ini hanya akan buat sedikit lebih lancar.

Bug pada game online android.

Ini hanya terjadi sesekali dan biasanya hanya pada tempat atau hal tertentu di dalam game saja, efek yang di rasakan dari menyebab ini biasanya sedikit mengalami eror pada pada game dan tampilan game, lag namun hanya pada tempat terntentu, dan lainnya.

Cara Mengatasi Lag.
Hindari bagian atau hal yang membuat terjadinya bug pada game dan tunggu hingga bugnya di perbaiki oleh pengembang dari gamenya.

Tambahan cobalah menrestart smartphone android kamu jika merasa tidak ada masalah seperti yang ada di atas.

Itulah Penyebab Lag yang menurut saya sering terjadi pada game online android namun masih ada penyebab lainnya yang membuat game android online jadi lag. Dan untuk cara mengatasinya yang saya jelaskan diatas, itu adalah cara yang sering saya gunakan dan cukup efektif mengusir lag, tapi kadang juga tidak efektif.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments