Tutorial: Cara Main Game PS1 Dan NDS Di Android Menggunakan Emulator


Ingin bermain game PS1? (PlayStation 1), tapi tidak bisa karena tidak mempunyai konsol ps1 nya dan gamenya yang susah di cari?, tenang di jaman sekarang untuk memainkan game ps1 sangat mudah hanya perlu menggunakan emulator di android dan kamupun bisa memainkannya dengan santai dan bukan cuma untuk game ps1 saja bisa juga untuk memainkan game NDS (Nintendo DS) di android meggunakan emulator.

Informasi: Emulator adalah jenis aplikasi yang sering di gunakan untuk menjalankan game-game ps1, ps2, nds, psp, dan lainnya pada android, windows, ios, atau lainnya, (Emulator bukan nama aplikasi).

Tutorial bermain game ps1 dan nds di android ini menggunakan emulator bernama expse untuk menjalankan game ps1 dan drastik untuk nds, keduanya bisa kamu instal melalui playstore atau mencari di tempat lainnya. Untuk yang di bahas pertama cara bermain game ps1 di android.

    Bahan
  • Aplikasi Epsxe versi 2.0.0
  • Game PS1
  • Bios


Semua bahan di atas bisa kamu cari menggunakan google karena banyak tersebar di internet, dan untuk aplikasi epsxe sendiri saya menggunakan apk versi 2.0.0 untuk di jadikan sebagai contoh.
Kenapa saya menggunakan aplikasi ini bukan yang lain?, karena ini merupakan aplikasi paling bagus untuk menjalakan game ps1 di android menurut saya.

Cara Bermain Game PS1 Menggunakan Epsxe Di Android.
1. Intasl apk epsxe seperti biasanya, tunggu hingga prosesnya selesai, jika sudah buka aplikasinya maka secara otomatis akan mendeteksi bios yang ada pada memori card, jika belum terdeteksi pilih "Run Bios" untuk mencari biosnya secara otomatis (pastikan kamu sudah punya biosnya).

2. Buka aplikasi epsxe lalu pilih "Run Game" kemudian cari game ps1 nya di folder tempat kamu menyimpannya, lalu tekan saja pada gamenya maka akan terbuka dan bisa langsung dimainkan, jika belum mempunyai gamenya silakan cari terlebih dahulu dan menyimpannya di dalam memori hp android kamu, (disini saya menggunakan game ps1 "Dino Crisis" sebagai percobaan).


Informasi: Disini saya hanya memberikan tutorial cara bermain game ps1 menggunakan epsxe di android, tidak termasuk cara setting aplikasinya, namun tidak perlu kuatir karena tanpa di setting pun bisa dimainkan dengan lancar.
Untuk gamenya sendiri biasanya berformat .ecm atau .iso atau .bin, contoh "Residen Evil 3.iso".

Untuk memainkan game nds di android juga sangat mudah hanya perlu melakukan 2 langkah ini saja, dan taraaa kamupun langsung bisa bermain tanpa halangan.

    Bahan
  • Aplikasi Drastic
  • Game Nds

Cara Bermain Game NDS Menggunakan Drastic Di Android.
1. Instal aplikasi drastic nya seperti biasa dari playstore atau menggunakan file apk, (Disini saya menggunkan apk drastic versi 2.4.0.1a untuk contoh).

2. Jika sudah selesai menginstal buka aplikasinya dan pilih menu "load new game" lalu cari di tempat kamu mensimpan gamenya, pilihlah pada game yang mau dimainkan lalu tekan "star game" untuk memulai permainan, dan kamu akan langsung bisa memainkannya.


3. Pastikan jika kamu sudah memiliki game nds, dan biasanya game nds berformat .nds contoh "the legend of zelda.nds", jika masih berformat .rar/.zip silakan extrak menggunakan aplikasi zarchiver, (gambar di bawah game dragon quest nds, dan masih dalam keadaan belum di setting jadi masih agak kelihatan sedikit buram).


Itu dia caranya bermain game ps1 dan nds di android menggunakan emulator berna epsxe dan drastik, mudah bukan? tanpa ribet harus ini itu, tanpa perlu konsol ps1 sama nds kamupun bisa memmainkan game dari ke2nya dengan mudah menggunakan smartphone android.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments