Mengetahui Gejala dan Mengobati Demam Berdarah (DBD) Berdasarkan Pengalaman Sendiri


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam blog kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengobati penyakit demam berdarah.
Menurut data banyak yang terjangkit virus demam berdarah dan tidak sedikit orang yang meninggal.

Perlu diketahui kalau tulisan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi. sebagai ikhtiar tidak ada salahnya mencoba apa yang saya bagikan di tulisan ini dan jangan lupa kalau yang hanya menyembuhkan itu Allah Subhanahu Wa Ta'ala. ☺

Sebelum saya membahas cara bagaimana cara mengobatinya terlebih dahulu saya akan memberikan gambaran gejala-gejala yang timbul apabila terkena virus DBD.
  1. Yang pertama sakit perut sering BAB. Gejala ini biasa muncul Ketika seseorang terkena virus DBD, maka perlu diperhatikan, jika BAB lebih dari 5 kali boleh diindikasikan kalau itu efek dari penyakit DBD.
  2. Yang kedua demam tinggi. Suhu normal manusia biasanya kisaran 25 derajat Celcius, namun jika terjangkit virus DBD suhu nya bisa kita kira-kira mencapai lebih dari 30 derajat Celcius. Jika diri sendiri yang merasakannya tentu akan merasakan demam panas yang berbeda dari biasanya.
  3. Yang ketiga sakit kepala. Dari pengalaman saya, sakit kepala yang disebabkan oleh DBD ini begitu sakit senut-senutan sehingga membuat saya pribadi untuk berdiri tidak mampu bertahan lama karena terasa berat.
  4. Yang keempat muntah-muntah. Selanjutnya adalah muntah-muntah yang bisa membuat perut terasa sakit, sulit untuk makan karena setiap yang dimakan pasti dimuntahkan tentu saja membuat perut kosong. Disarankan untuk makan yang hangat-hangat dan minuman yang hangat.

Kesimpulan dari gejala-gejala tersebut jika seseorang mengalami gejala DBD akan merasakan panas dingin, perut mulas sering buang air besar dan muntah-muntah selama seharian berturut-turut.
Lebih jelas dan lengkap klik https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/demam-berdarah-dengue-dbd/gejala-demam-berdarah-yang-diabaikan/

Setelah kita mengetahui gejala-gejalanya sekarang kita masuk ke-cara mengobati dan sampai ke tahap pemulihan.

Karena tidak kunjung sembuh akhirnya besok pagi saya di antar ke dokter. Hasilnya adalah akibat penyakit tifus bukan DBD. Karena biasanya penyakit tifus juga di awali dengan demam dan tulang terasa sakit atau ngilu. Setelah tidak ada perubahan terus mual dan muntah-muntah dan kepala masih pusing. Pada malam nya saya di antar ke puskesmas dan menjalani rawat inap. Setelah di cek darah, ternyata saya terjangkit penyakit DBD dan Tifus sekaligus.
Akibat dari virus nyamuk Aedes aegypti ini menyebabkan penurunan jumlah trombosit. Pada saat itu jumlah trombosit saya turun hingga sekitar 600.000 sedangkan normal trombosit yang seharusnya adalah 170.000 hingga mengalami kenaikan 900.000-140.000 selama 1 mingguan sampai kembali normal. Sampai ketika trombosit tidak naik naik dokter memutuskan untuk menambah infus selama 2 hari saya double infus kanan kiri karena kekurangan cairan.

Proses Penyembuhan


  • Minuman yang harus dikonsumsi untuk penyakit demam berdarah adalah jus jambu merah, sari kurma dan rebusan daun lobak.
  • Air mineral minumlah minimal 2 liter dalam sehari saran dokter.
  • Untuk makanan ini seperti biasa makan 3 kali sehari atau boleh lebih dan disarankan untuk nyemil agar sering minum.
 Dalam proses penyembuhan ini mungkin kalau makan akan sedikit karena tidak selera makan, merasa kenyang dan itu harus diusahakan untuk banyak meskipun tidak selera harus sesuai porsinya yang disarankan oleh dokter.

 Selama proses itu Alhamdulillah trombosit saya kembali normal dan dibolehkan untuk pulang setelah 10 hari dirawat. Meskipun berdiri masih gemetaran dan terasa ngilu ngilu karena terlalu lama di ranjang terbaring efek penyakit tifus juga, saat turun hanya jika mau BAB. Sedangkan untuk buang air itu pakai kateter atau selang. Karena dalam masa penyembuhan tidak boleh banyak bergerak atau terlalu capek. Cukup itu saja, saya tidak akan menceritakan kesusahan dan kesulitan saat menjalani proses di rumah sakit.

Pantangan
Selama masa penyembuhan dan pemulihan dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang asam atau buah-buahan dan makanan yang pedas. Usahakan sampai bener-bener tidak ada gejala-gejala lain yang muncul ketika masa pemulihan.
 Jika ada indikasi lain Segera hubungi dokter atau Periksa ke layanan kesehatan terdekat.
Saran dokter klik https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/demam-berdarah-dengue-dbd/pantangan-saat-dbd/

Maksimalkan Do'a
 Yang terakhir jangan lupa berserah diri kepada yang maha kuasa.


 Terima kasih semoga bermanfaat dan semoga yang sakit segera diberikan kesembuhan.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments